Credit: Hairstyle Topic

Zetizen.com - Uban, alias rambut yang memutih umumnya dialami oleh para Lansia (Lanjut Usia) karena memang menurunnya produksi melanin yang berfungsi sebagai pigmen rambut. Tapi pernah nggak sih kalian ngelihat atau malah punya rambut yang memutih di usia remaja gini? Kalau kalian penasaran, ternyata ada banyak faktor yang bikin hal itu terjadi, Guys!

 

Kekurangan Vitamin B

Banyak hal bisa terjadi kalau kita kekurangan vitamin. Salah satunya ternyata juga mempengaruhi pertumbuhan uban saat remaja. Kalau di rambutmu muncul uban, itu berarti kamu kekurangan vitamin B12. Kurangnya vitamin B12 itu menyebabkan tubuh mengalami precious anemia, yakni kurangnya sel darah merah yang berkualitas. Dampaknya pada rambut, kita bisa mengalami kerontokan dan juga uban di usia muda.

Solusinya, kamu bisa memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Misalnya kayak ikan laut, kerang, kepiting dan hasil laut lainnya.

 

Thyroid Disorder

Faktor biologis lainnya yang mempercepat tumbuhnya uban ini adalah kelainan pada kelenjar thyroid Buat yang belum tahu, Thyroid adalah kelenjar yang terletak di area leher, dan berfungsi buat mengatur hormon pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Tumbuhnya uban pada remaja bisa jadi dikarenakan thyroid mengalami malfungsi.

Nah biar thyroid tetap sehat-wal-afiat, ada kok cara merawatnya. Misalnya dengan mengurangi konsumsi makanan yang diproses dan disempurnakan, kayak roti, kue, dsb. Sebaliknya, perbanyak makanan yang mengandung Iodine kayak jamur dan bawang.

 

Gaya Hidup Buruk
Udah bukan rahasia gaya hidup yang nggak sehat bakal bikin banyak masalah muncul dalam tubuh. Apalagi kalau kamu terbiasa merokok atau minum alkohol. FYI aja, kebiasaan itu membuat tubuh kamu menua 4% lebih cepat dibanding normal loh. Dampaknya, wajah bakal lebih cepat keriput, rambut cepat rontok, termasuk juga cepat beruban.

Nah kalau nggak pingin kelihatan ‘tua’ lebih cepat, kurang-kurangi ya guys kebiasaan buruknya. kalau bisa berhenti sekalian lah. Selain sehat buat tubuh kan sehat buat kantong juga tuh.

 

Keturunan

Sedihnya, beruban terlalu dini ini juga bisa dipengaruhi oleh heredity alias faktor keturunan. Kalau orang tuamu punya reputasi beruban sejak remaja, maka peluangmu mengalami hal serupa jadi lebih besar. Kalau yang satu ini mungkin tidak bisa dilawan, karena udah tertanam pada gen sejak lahir. Tapi at least, kamu bisa meminimalisir tumbuhnya uban dengan mengkonsumsi makanan sehat dan gaya hidup yang sehat pula. 

 

Source: India Times, Gaizupath, Livestrong

 Edited by Bogiva

 

Share
Create Your Own Article!