Are You a Zetizen?
Show Menu

Hati-Hati! Inilah Cara Menghilangkan Komedo yang Ampuh dan Benar

Hati-Hati! Inilah Cara Menghilangkan Komedo yang Ampuh dan Benar

Zetizen.com – Komedo memang cuma masalah kecil pada wajah. Kalau dibiarkan, komedo bisa bikin wajah terlihat kotor. Banyak cara yang bisa dilakukan buat menghilangkan komedo. Tapi, cara yang banyak dilakukan ternyata punya efek buruk lho! Cara yang mana sih? Dan bagaimana cara menghilangkan komedo yang ampuh dan benar?

 

CARA YANG SALAH

Menggaruk dengan Jari

Cara paling cepat dan praktis menghilangkan komedo adalah menggunakan jari tangan. Tanpa disadari, hal ini sering banget kita lakukan. Setelah digaruk, komedo memang agak hilang dan kulit langsung jadi halus. Tapi, jari-jarimu itu nggak bersih lho. Alhasil, pori-porimu semakin terlihat jelas. Duh! Kuman dan kotoran di muka pun makin terkumpul.

 

Pakai Alat Pengangkat Komedo

Cara ini nggak lebih baik dari pakai jari. Menggunakan alat pengangkat komedo berbahan besi bisa berbahaya tanpa konsultasi dokter. Sebab, kalau alatnya nggak teruji dengan baik atau nggak cocok dengan kulit, kulitmu malah meradang sampai menginfeksi jaringan parut kulit wajah. Hiy, serem ya.

 

Pore Strips

Menurut dr. Doris J. Day, MD, dermatologis asal New York, memakai pore strips justru memperburuk ketahanan kulit. Dalam jangka pendek, pore strips memang lebih efektif menghilangkan minyak, komedo, dan sel kulit mati. Tapi, pore strips sama sekali nggak halus buat kulit, terutama yang kulitnya kering, berjerawat, dan sering terkena sinar matahari. Masalah komedo bakal kembali deh.

 

Eits, jangan takut! Ada beberapa cara yang lebih tepat buat menghilangkan komedo.

 

Masker Clay

Clay Mask
Pengaplikasian Clay Mask (Foto: YouTube)

 

Pakailah masker clay (tanah liat) atau face mask yang mengandung salicylic acid. Produk ini gampang dicari karena banyak dijual di drugstore. Masker clay terbukti lebih ampuh menarik keluar kotoran dari pori-pori wajah. Untuk kulit berminyak, kamu bisa mencampurnya dengan air dan sari cuka apel. Sedangkan si kulit kering bisa mencampurnya dengan yogurt.

 

Melembabkan Wajah

Melembabkan wajah
Melembabkan Wajah (Foto: Your Beauty Pal)

 

Cara inilah yang paling simpel. Tapi, melembabkan wajah harus dilakukan secara rutin dan dibarengi mencuci wajah. Cara ini nggak cuma menjaga kadar minyak di kulit, tapi pori-pori wajah juga gampang mengecil. Sebab, kalau wajah terlalu sering berminyak, jerawat juga bakal muncul selain komedo. Yuk, pakai lotion secara rutin untuk mengubur sel-sel kulit mati penyebab komedo.

 

Eksfoliating

Exfoliating dengan Baking Soda (Foto: Pinterest)

 

Pengangkatan sel-sel kulit mati pada kulit nggak cuma bisa dilakukan oleh bahan kimia. Membuat DIY treatment yang sudah teruji baik pada kulit juga bisa digunakan lho. Misalnya, menggunakan baking soda yang dicampur air menjadi pasta. Berbekal pembersih, kuas, dan spons lembut untuk menggosok pori-pori, kamu bisa meminimalisir komedo kalau dilakukan secara teratur.

 

Source: Refinery 29, Huffington Post, Racked

Edited by Ratri Anugrah

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article