Zetizen.com- Suasana kamping emang nggak akan terasa lengkap tanpa adanya tenda. Nah, beberapa brand berikut ini punya desain dan bentuk khusus tenda yang dibuat agar nyaman dan terasa punya sensasi alam di tiap spot glamping atau glamorous camping yang lagi tren di dunia. Trus, pada penasaran nggak sih sama bedanya tenda glamping dengan tenda kamping biasa? Nih, intip lima lokasi glamping dengan tenda unik dan fasilitas keren.

 

 

1. Cristal Bubble Tent

Lokasi: Attrap'Reves, Prancis

Material transparan bikin makin dekat dengan alam. (Foto: China Tigerspring Limited)

Desain futuristik tenda ini semakin menampilkan kesan glamour kamping. Gagasan dari desainer Prancis Pierre Stephane Dumas ini juga mudah di-set up dalam beberapa menit. Saat kamping, kamu bisa melihat bintang-bintang dengan kantong tidur beralaskan tanah. Sedangkan Cristal Bubble Tent membuat kamu lebih nyaman dengan tempat tidur queen size.

Sebab, tenda transparan yang terbuat dari bahan plastik yang diperkuat ini berbentuk bola berdiamater 13 meter ini bisa membuat kamu menikmati pemandangan sekitar hingga 360 derajat. Kalau glamping udah selesai, sama halnya kayak tenda kamping, tenda ini bisa dikempiskan dan muat di dalam tas lho. Untuk privasi, ada juga BubbleRoom yang dibuat nggak transparan.

 

 

2. Hearthworks Tipi

Lokasi: Kanada

Meski terlihat sederhana, tenda Tipi ini dilengkapi peralatan canggih (Foto: Shambala Festival)

Sekilas, tenda ini terlihat mirip dengan tenda kamping biasa. Padahal, biasanya saat berkemah kamu pasti harus susah payah mencari tempat yang paling dekat dengan aliran air bersih. Hal ini dilakukan agar penyaringan dan memasak air lebih aman dan mudah. Bedanya dengan glamping, sebagian besar aktivitas udah dimudahkan. Salah satunya dengan tenda Hearthwork Tipi ini. Yap, meskipun terlihat sederhana dan terkesan hippies, tenda ini lengkap dengan tempat tidur hingga daya listrik cuy! Jadi, kamu juga nggak perlu repot mengatur pencahayaan, suhu hingga keamanan alat elektronik kepunyaan kamu. Nggak hanya itu, bagian ujung kerucut udah dilengkapi rainwater catcher yang terhubung ke sistem daur ulang air hujan di area glamping. Makanya, kamu tetap bisa berhemat air dengan tenda tipi produksi Heatherworks ini.

 

 

3. Trampotent

Lokasi: Amsterdam, Belanda

Trampotent (foto: designboom)


Seperti namanya, tenda ini juga bisa digunakan sebagai trampolin. Pertama kali dikenalkan di area glamping Urban Campsite, Amsterdam, tenda rancangan Vince Vijsma ini tetap ergonomis kok. Bagian atapnya memang dilengkapi material elastis yang disanggah struktur kabel yang kuat. So, trampolin bisa digunakan 1-3 orang sekaligus dan tenda nggak roboh. Ruangan di dalamnya cukup luas loh, yakni mencapai 10 mdan mampu memuat kasur seukuran double size. Eits, bagian atapnya juga punya permukaan yang transparan. Jadi, cocok banget digunakan saat glamping musim panas.

 

4. Cimarron Wall Tent

Lokasi: Colorado, AS

 

Glamping Makin Cozy. (Foto: Pinterest)

Kalau mau glamping lebih aman, ada tenda yang selalu tersedia di tempatnya dengan bahan yang kuat karena terbuat dari kayu. Nggak ada salahnya kan menghindari makhluk berbulu saat berkemah. Kain hanya berfungsi sebagai cover atau layar. Sedangkan sisi-sisinya menggunakan kayu yang mampu menahan unsur terberat. Dengan kain berwarna tan atau hijau hutan, tenda ini pas berada di hutan. Meskipun berlantai kayu, tenda ini dijamin bebas dari jamur, sinar UV ataupun bau menyengat. FYI, beberapa kemah penyedia Cimarron Wall Tent ini nggak jarang sengaja menanggalkan fasilitas listrik agar penghuninya lebih menikmati alam.

 

 

5. VW Camper Van Tent

Replika VW jadi tenda super gemas. (Foto: RV Mods)

Penggila VW udah seharusnya suka dengan bentuk tenda unik satu ini. Sebab, replika mobil Volkswagen Camper Van dengan gaya 60an bisa disulap menjadi sebuah tenda. Suasana Summer akan lebih terasa seru karena tenda ini memiliki banyak pilihan warna. Jika tenda kemah hanya bisa memberi sekat lewat alat tidur, Van Tent ini memberi batasan dengan zip untuk memberi ruang. Gabungan desain VW dan tenda ini diakui kepraktisannya secara internasional dan menempatkan esensi glamping tetap seperti kamping. Mampu menampung empat orang, tenda VW yang sederhana dinilai efektif  saat didirikan dan dibongkar. Nggak hanya itu, desain antimainstream ini dijamin bakal membuat glamping nggak membosankan.

 

6. Doughnut Tent

Lokasi: Yang-Pyeong, Korea Selatan

Tenda berbentuk donat di Korea Selatan (foto: Dezeen)

 

Interior keren (foto: Dezeen)

Nah, tenda ini ditujukan buat glampers yang ini merasakan kemewahan kamping. Luxury tent rancangan Archiworkshop asal Korea ini didesain dengan bentuk donat sehingga penggunannya masih bisa merasakan nuansa alam di voidl di bagian tengahnya. Estetika dan kemewahannya sama dengan hotel berbintang loh. Buktinya, di tiap unit glamping, terdapat dinding yang dengan finishing ilustrasi pop art karya seniman Korea. Desain tenda ini juga menyesuaikan iklim area glamping di Yang-Pyeong, Korea Selatan yang cukup ekstrem. Material yang digunakan bisa menahan dinginnya salju, dan mengurangi penetrasi sinar UV. Dijamin nyaman banget deh kamping di sana!

 

 

 

 

Sumber: Cool Things, Pop Sugar, Cornbury Festival, RVC Outdoors, Trend Hunter

Editor: wika

 

 

Share
Create Your Own Article!