Are You a Zetizen?
Show Menu

I Love Youuu, Ma!

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 06 Feb 2023
I Love Youuu, Ma!

Zetizen-Bentar lagi Hari Ibu, nih. Kamu sudah menyiapkan kejutan apa buat mama tercinta? Atau, kamu tim gengsi bilang sayang? Hmm, rasa sayang nggak harus diucapkan lewat kata-kata kok. Kamu bisa menunjukkannya dengan tindakan sederhana seperti membantu mengerjakan pekerjaan rumah tanpa diteriakin dulu, hihi. Eitss, tahu nggak kalau setiap negara punya tradisi berbeda di momen istimewa ini lho! Cuss, kita intip perayaan Hari Ibu di berbagai negara! (elv/c12/lai)

Thailand

Thailand merayakan Hari Ibu setiap 12 Agustus yang merupakan hari ulang tahun Ratu Thailand, Ratu Sirikit. Ditetapkan sebagai hari libur nasional, Hari Ibu dirayakan penuh semarak. Ada parade di sepanjang jalan, kembang api, hingga konser. Para Ibu juga mendapatkan bunga melati dari anaknya. Bunga melati menjadi bunga yang melambangkan kehangatan kasih dan bentuk penghormatan kepada ibu

Jepang

Haha no Hi adalah sebutan untuk perayaan Hari Ibu di Jepang. Haha no Hi kali pertama dirayakan sebagai simbol menenangkan seorang Ibu yang kehilangan anaknya seusai perang dunia kedua. Sama halnya dengan Jerman, perayaan itu diadakan setiap minggu kedua pada Mei. Biasanya anak akan memberikan bunga anyelir sebagai simbol kekuatan dan kelembutan seorang ibu. Sekolah juga mengadakan pameran hasil karya siswa untuk Ibu mereka seperti ilustrasi wajah, saputangan, atau tas.

Indonesia

Tanggal 22 Desember diresmikan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno pada HUT Ke-25 Kongres Perempuan Indonesia, 1928. Tujuan awalnya adalah bentuk penghargaan kepada semangat emansipasi wanita. Sekaligus bentuk apresiasi kerja keras seorang ibu. Umumnya, Hari Ibu dirayakan dengan ungkapan sayang hingga kado istimewa.

Ethiopia

Ethiopia merayakan Hari Ibu dengan menggelar Festival Antrosht di akhir musim hujan. Yang tahun ini dilaksanakan pada 9 Mei. Seluruh anggota keluarga bakal pulang ke rumah untuk merayakan pesta bersama. Anak perempuan akan membawa sayuran, keju, dan rempah-rempah, sedangkan anak laki-laki membawa berbagai jenis daging. Bahan-bahan itu digunakan untuk membuat makanan tradisional khas Ethiopia, yakni hash.

Inggris

Perayaan Hari Ibu di Inggris dikenal dengan sebutan Mothering Sunday. Itu dilaksanakan pada minggu keempat puasa sebelum Paskah. Ada libur khusus untuk warganya agar bisa pulang dari perantauan dan berkumpul bersama keluarga. Mereka membuat kue buah atau simnel cakes dan memberikan bunga kepada ibu. Tradisi tersebut dilakukan sejak abad pertengahan lho!

RELATED ARTICLES

Please read the following article