Are You a Zetizen?
Show Menu

Personalize Your Book!

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 06 Feb 2023
Personalize Your Book!

Zetizen-Dear manteman Zetizen, siapa yang masih suka menulis diary? Atau, kamu tim beli Notebook karena look-nya yang gemas, tapi justru merasa sayang menggunakannya, haha. Well, daripada menghabiskan uang untuk membeli Notebook yang cukup pricey , lebih baik bikin sendiri. Sebagaimana Ache Andini yang hobi membuat buku dengan memanfaatkan kertas bekas. Wah, selain hemat, kamu berpartisipasi dalam mengurangi limbah sampah kertas!

Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah bookbinding. Yakni, merakit buku dari tumpukan lembaran kertas yang diikat menjadi satu dengan jarum tebal dan benang. ’’Awalnya nggak sengaja, sih. Kebetulan lagi browsing cari stock image. Eh, nggak sengaja buka link blog salah seorang bookbinder dari Amerika dan menemukan tutorial jilid Notebook secara manual. Aku yang pencinta Notebook langsung nyobain dong dan ternyata jatuh cinta sama hasilnya,’’ tutur Ache.

Untuk membuat notebook, tentu kamu butuh kertas. Nggak harus kertas baru, kertas bekas yang masih layak juga bisa dipakai kok. Siapkan jarum, benang, cutter, penggaris, gunting, dan klip untuk membantu menjepit kertas selama dijilid. Nah, agar sampulnya menarik, hias dengan potongan majalah, koran, atau plastik yang nggak terpakai, kemudian jadikan kolase.

Kolase merupakan kreasi dari bahan tertentu yang ditata sedemikian rupa. Kamu cuma memerlukan kesabaran yang tinggi dan keterampilan dalam memadukan, menyusun, serta menempel bahan yang ada. Agar hasilnya lebih menarik, kamu bisa coba ide material lain seperti kain, daun kering, hingga biji-bijian. Eitts, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bahan-bahan tersebut.

Di antaranya, rendam daun kering dengan gliserol biar nggak mudah sobek dan teksturnya tetap terjaga. Untuk kain, pilah dan periksa sebelum menyusunnya. Sebab, tiap bahan kain memiliki tekstur, ketebalan, dan tingkat menempel yang berbeda. Kalau mau pakai biji-bijian, cat terlebih dahulu untuk mendapatkan warna yang bervariasi. Pastikan biji tertempel dengan kuat agar nggak mudah lepas.

’’Banyak kesulitan sebenarnya, apalagi untuk pemula. Tapi, semua hal teknis bisa diperbaiki dengan sering latihan. Selain itu, ada banyak teknik jilid buku secara manual, dari tingkat kesulitan yang rendah sampai yang super-rumit. Yang penting, dicoba dulu aja dan harus sabar. Kalau belum bagus, jangan langsung nyerah. Cari bagian mana yang sulit, coba perbaiki lagi,’’ tandas Ache. So, let’s make your own book! (arm/c12/lai)

Yuk, Bikin Notebook

  • Pilih sampul dan kertas yang akan dibuat menjadi buku. Lalu, tentukan ukuran buku sesuai dengan kebutuhan.
  • Kumpulkan kertas yang menjadi isian buku. Kamu bisa gunakan satu jenis kertas atau lebih.
  • Potong semua kertas menggunakan cutter dan penggaris hingga ukurannya sama.
  • Tambahkan sampul, lalu jahit buku. Jangan lupa merapikan pinggiran buku menggunakan gunting.
  • Saatnya menghias sampul dengan kolase dari kertas bekas! Susunlah kertas sesuai keinginan.
  • Reminder! Supaya terlihat bagus dan nggak asal tempel, ketahui layout dan pemilihan warna yang sesuai.
  • Last, but not least, buatlah kreasi kolase sekreatif imajinasimu!

RELATED ARTICLES

Please read the following article