Are You a Zetizen?
Show Menu

JAZZVERSITY 2.0, Ruang Temu Musisi dan Penikmat Jazz

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 01 Feb 2023
JAZZVERSITY 2.0, Ruang Temu Musisi dan Penikmat Jazz

Zetizen-Event jazz bergengsi di kalangan mahasiswa kembali digelar. Yaps! Apalagi kalau bukan Jazzversity. Itu adalah event kolaborasi mahasiswa Indonesia yang dipelopori ITB jazz dan ITS Jazz. Serangkaian acaranya telah berjalan dengan sukses dan puncaknya berlangsung pada Sabtu (16/10).

Tahun ini Jazzversity memperbanyak kolaborasi antarmusisi, kampus, media, dan pemerintah dengan konsep multievent. Ada tiga concern yang diangkat, yakni national collaboration, music creation and freedom of jazz expression, dan concert concept and theme. ’’Ini sebuah movement bagi musisi kampus untuk berkolaborasi dan berkarya serta memberikan panggung yang lebih luas untuk mereka,’’ ungkap Muhammad Baliyan Ardzabily selaku ketua panitia Jazzveristy 2.0.

Mengusung tema Swarakarya Nusantara, Jazzversity menjadi sebuah ruang kolaborasi karya dalam bentuk pertunjukan musik. Kata swara di sini merupakan perwujudan lanjutan event perdana Jazzversity yang bertema Institut Suara.

’’Konser yang diadakan dapat mengembangkan industri musik dan event Indonesia. Penyelenggaraan ini juga mampu mendukung kebangkitan ekonomi nasional di masa pandemi dengan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,’’ tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutan pembukaan acara.

Jazzversity 2.0 menyuguhkan aransemen fresh dari lagu-lagu hit seperti Cuek dan Kesempurnaan Cinta Rizky Febian hingga lagu Kau Adalah milik solois Isyana Saravati. Konser kemudian dilanjutkan dengan lagu Menghujam Jantungku, Pandangan Pertama, dan Kala Cinta Menggoda. Nggak ketinggalan penampilan kolaborasi lagu Dahulu dari The Groove yang dibawakan Sri Hanuraga dan Rieka Roslan, vokalis aslinya.

Acara makin meriah dengan duet musisi senior Dwiki Dharmawan dan Dira Sugandi yang bernyanyi medley lagu dari Reza Artamevia berjudul Pertama dan Dia. Meski diadakan secara virtual, para musisi memberikan penampilan yang luar biasa! Penonton juga dapat mendengar cerita teman-teman mahasiswa ITS dan ITB tentang kecintaan mereka sama musik jazz.

Selain konser utama, Jazzversity punya kegiatan menarik lainnya, lho. Ada online jamming, cover challenge, podcast, hingga talk show dan workshop bersama guest star terkenal. Buat kamu yang nggak sempat menyaksikan keseruannya, bisa tonton di channel YouTube Jazzversity. Semoga para musisi jazz kampus dapat bersatu, berkarya, dan membuat sesuatu yang besar, ya! (elv/c12/lai)

RELATED ARTICLES

Please read the following article