Are You a Zetizen?
Show Menu

Sediakan Wadah untuk Belajar Ukulele

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 17 Jan 2023
Sediakan  Wadah untuk Belajar  Ukulele

Zetizen-Bermain alat musik memang salah satu keahlian yang diinginkan banyak orang. Nggak terkecuali alat musik petik kecil bersenar empat ini. Yap, ukulele. Berawal dari ”kopi darat” pada 31 Juli 2016, ukulele Surabaya (Ukesub) dibentuk untuk memberikan wadah bagi orang-orang yang tertarik untuk belajar memainkan ukulele. Seperti apa sih keseruannya?

”Dulu awalnya kita cuma join grup ukulele se-Indonesia di Facebook, lalu teman-teman yang di Surabaya janjian untuk kumpul-kumpul,” cerita Karina Danastri Hanindita, salah seorang founder Ukesub. ”Awalnya kami terdiri dari 4 orang aja. Lalu, setelah beberapa kali menggelar performance dan workshop, akhirnya banyak yang tertarik untuk bergabung. Sampai saat ini, total sudah 50 orang lebih yang berpartisipasi di acara[1]acara Ukesub,” imbuhnya.

Ukesub nggak diperuntukkan khusus ke orang-orang yang sudah mahir dalam bermain ukulele. Kenyataannya, banyak anggota yang bergabung saat mereka belum bisa bermain ukulele. Justru, melalui workshop dan gathering yang diadakan Ukesub, banyak yang belajar untuk memainkan alat musik petik ini.

”Ada beberapa yang benar-benar belum bisa main, bahkan belum punya ukulele. Lalu, karena dia datang ke gathering, akhirnya kami pinjami dan kita ajari. Nah, setelah itu dia baru beli ukulele dan makin lancar mainnya,” ujar Karina. Jadi, buat kamu yang belum bisa sama sekali, nggak perlu takut buat gabung karena kamu bakal diajari buat main ukulele.

Kalau kamu tertarik untuk bergabung, Ukesub menerima siapa pun, kok. Segala gender dan usia, bahkan orang-orang perantauan, bisa bergabung di Ukesub. “Pokoknya gabung dulu aja. Kalau nggak punya ukulele, nanti bisa kita pinjamkan. Di komunitas ini, kita bakal sama-sama belajar bermain ukulele, belajar aransemen lagu, belajar stage performing, bahkan belajar membuat lagu sendiri,” jelas Karina.

“Kita sendiri juga biasanya tampil-tampil di acara live stage gitu, misal acara kampus, bazar-bazar di mal atau event Mlaku-Mlaku nang Tunjungan,” tuturnya. ”Kalau ada event perform, kita adakan open recruitment di grup. Siapa pun bisa ikut perform, asal mau ikut latihan dan bisa datang saat event. Kuncinya jangan malu[1]malu buat kumpul sama anggota yang lain, sih,” tambahnya.

Nah, jadi buat kamu yang tertarik buat bisa main ukulele dan berdomisili di Surabaya, bisa coba kontak Instagram mereka di @ukesub. ”Kalau bicara soal mimpi, kita pengin banget suatu saat bisa produksi album sendiri, ngadain ukulele Camp, dan kalau bisa ngadain ukulele Festival,” tutup Karina mantap. (c12/kch)

RELATED ARTICLES

Please read the following article