Are You a Zetizen?
Show Menu

5 Pemenang MTV VMA Terbanyak

Zetizen Zetizen 01 Aug 2016
5 Pemenang MTV VMA Terbanyak

 

Zetizen.comMTV Video Music award (VMA) adalah salah satu penghargaan musik bergengsi. VMA hanya fokus pada klip video, tanpa menilai penjualan. Bisa terbayang kan susahnya? Tapi, ada musisi-musisi yang bisa menang berkali-kali. Siapakah pemenang terbanyak selama 10 tahun terakhir?

 

#5 Taylor Swift (6 Piala)

Penyanyi yang terlibat konflik sama Kimye (Kim Kardashians-Kanye West) ini selalu selalu memastikan video klipnya sesuai kisah nyata yang diusung. Nggak heran deh kalau banyak yang suka karena merasa related. Misalnya, You Belong with Me yang menang MTV VMA 2009 sebagai Best Female Video.

 

Kesuksesan itu terulang pada I Knew You were Trouble (IKYWT) pada 2013, Blank Space dan Bad Blood pada 2016. Tapi, tiga video klip itu mulai terlihat beda. IKYWT terlihat seperti mini movie dengan intro sebuah monolog. Blank Space menyuguhkan sisi “lain” Taylor dengan fashion style yang apik. Sedangkan Bad Blood mengusung skuadnya, seperti Selena Gomez, Karlie Kloss, Cara Delevingne, dan Gigi Hadid.

Taylor Swift <a href= MTV VMA 2015" width="1600" />

Taylor Swift menerima moonman pada MTV VMA 2015.

Foto: Cambio

 

Dari situ, bisa dibilang kalau Taylor selalu berinovasi sehingga penikmat musiknya nggak bosan dan dia gampang mendapat penghargaan. Sayangnya, tahun ini dia sama sekali nggak masuk nominasi. Ada yang bilang kalau ada "bad blood" di antara MTV dan Taylor. Ada juga yang bilang kalau Taylor emang nggak mendaftarkan videonya.

 

#4 Britney Spears (6 Piala)

Dear, generasi Z. Perlu kamu tahu, Britney Spears ini terkenal banget loh pada 90-an. Meski begitu, dia sering gagal mendapat penghargaan di MTV VMA. Tapi, setelah dia tersandung kontroversi, karirnya malah melejit! Padahal, Britney sampai menggundul rambutnya dan orang-orang memprediksi karirnya bakal redup.

 

Dia mungkin udah 300 kali masuk nominasi dan nggak menang-menang. Tapi, video Piece of Me-nya kali ini ikonik dan nggak mungkin nggak menang.” - James Montgomery, Musisi (dilansir dari MTV)

Benar aja. Video klip yang dirilis pada 2008 itu menjadi pemenang tiga kategori sekaligus. Yaitu, Best Female Video, Best Pop Video, dan Video of the Year. Jangan-jangan, kontroversi Britney lah yang bikin dia menang!

Britney Spears mendapatkan moonman pertamanya pada 2008.

Foto: Bustle

 

#3 justin timberlake alias J.T. (11 Piala)

Musik yang berkualitas dan fan base yang kuat adalah senjata J.T. Sebab, setiap album yang dia keluarkan nggak pernah luput dari moonman, sebutan trofi MTV VMA. Misalnya, Cry Me A River dan Rock Your Body dari album pertama Justin, Justified (2002), memenangkan MTV VMA 2003.

Justin Timberlake <a href= MTV VMA 2013" width="1600" />

Justin Timberlake memenangkan empat kategori pada 2013.

Foto: CBS

 

Dari album keduanya, FutureSex/LoveSounds (2006), J.T. menyabet empat moonman. Untuk album terbaru, The 20/20 Experience yang dirilis pada 2013, dia mendapat empat piala juga. See? Kemenangannya konsisten banget. Hal itu jelas dipengaruhi oleh kerja tim yang kompak.

 

Penghargaan ini aku persembahkan buat manajerku, Johnny, seluruh kru, serta video manager-ku. Aku merasa beruntung sekali bisa bekerja sama dengan dia.” - Justin Timberlake saat speech penerimaan MTV VMA 2013.

#2 lady gaga (13 Piala)

Udah jarang muncul di TV kok ternyata lumayan banyak menang MTV VMA? Yap, penyanyi yang cukup kontroversial ini pernah menang 8 kategori dalam satu malam! Hal itu terjadi pada 2010 untuk album The Fame Monster (2009). Lagu Bad Romance-lah yang paling banyak menyabet penghargaan.

 

Tapi, selain kontroversi, lady gaga juga selalu mengangkat pesan yang dalam pada setiap video klipnya. “Pesan dan melodi yang terkandung itu amat berarti buat para fans dan buat kehidupan saya sendiri,” kata Gaga tentang album Born This Way yang juga menang MTV VMA pada 2011.

Lady Gaga <a href= MTV VMA 2010" width="1600" />

Lady Gaga menerima pialanya dengan dress yang terbuat dari daging segar.

Foto: CBS

 

#1 Beyonce (16 Piala)

Dengan 16 piala MTV VMA yang dikumpulkan, Beyonce masih menjadi penyanyi yang down to earth banget. Dia nggak pernah malu memuji kekasihnya, Jay Z. Dia juga nggak pernah gengsi memuji kehebatan artis lain, salah satunya Taylor Swift. Mungkin inner beauty-lah yang bikin Beyonce punya tempat di hati penikmat musik.

 

Selain itu, video klip-video klip Beyonce yang menang MTV VMA selalu punya pesan dalam. Kebanyakan sih tentang feminisme. Misalnya, Single Ladies (Put A Ring on It) yang dinyanyikan Michelle Obama saat carpool dengan James Corden dua minggu lalu. Lalu, ada juga video klip Run the World (Girls) yang menyemangati cewek-cewek biar nggak kalah sama cowok. Video klip Pretty Hurts bahkan memenangkan kategori Best Video with Social Message pada MTV VMA 2014.

 

Psssst... Ternyata, Beyonce merasa dukungan ibunya adalah pengaruh terbesar dari kesuksesannya.

Mama, you created the star and I love you! katanya waktu memenangkan MTV VMA pada 2003.

Eits, jumlah moonman Beyonce bisa bertambah banyak kalau dia mendominasi MTV VMA tahun ini loh!

Beyonce <a href= MTV VMA 2014" width="1600" />

Pada MTV VMA 2014, Beyonce juga menerima Vanguard award untuk dedikasinya terhadap dunia musik.

Foto: Japan Times

 

Jadi, siapa jagoanmu tahun ini? Baca daftar nominasinya di sini. (abcnews/rollingstone/guardian/mtv/fhr/rat)

RELATED ARTICLES

Please read the following article