Are You a Zetizen?
Show Menu

Debut Album The Chainsmoker VS Single Harry Styles, Mana Yang Lebih Sukses?

Debut Album The Chainsmoker VS Single Harry Styles, Mana Yang Lebih Sukses?

Zetizen.com- Pasti selama sepekan ini, playlist musikmu dipenuhi lagu-lagu seru. Apalagi the chainsmokers dan Harry Styles sama-sama mengeluarkan album dan lagu di hari yang sama (7/4). Karya dari dua musisi yang memiliki jutaan fans ini, udah pasti ditunggu-tunggu. Beberapa lagu mereka pun langsung memuncaki beberapa top chart dibeberapa negara. Tapi, lagu siapa sih yang lebih sukses di minggu debutnya? Yuk, coba kita analisis dari fakta-fakta berikut ini.

Proses Kolaborasi

Foto: Forbes

 Selama penggarapan album Memories... Do Not Open, The chainsmoker bekerjasama dengan beberapa vokalis ternama. Seperti Emily Warren, Coldplay, Jhene Aiko, dan Florida Georgia. Namun lagu something just like this bersama Coldplay menjadi kolaborasi paling kejutan. Lagu itu pun langsung terbilang sukses dan menjadi andalan dari ke-12 lagu di album ini. 

 

Foto: Dailyrecord

 

Berbeda dengan Harry Style. Personil One Direction tersebut dibantu oleh Ed Sheeran dalam proses produksi lagunya. Secara tidak langsung, Harry selalu curhat nih sama Ed dalam menyusun albumnya. “Ed sangat hebat, dia sobat paling bertalenta yang pernah saya kenal," jelasnya  pada BBC. Nggak heran, alunan musik yang mellow kental banget  pada lagunya Sign of the Times. Dia bahkan udah mempersiapkan album debutnya juga, loh. Can't wait!

Fans Respon

 

 

 

 

 

Mempersiapkan album dari tahun lalu, the chainsmokers tentu nggak mau mengecewakan para fans-nya. Pada tanggal debutnya, banyak musisi dan publik figure ikut memuji konsep baru dalam album terdebut. Salah satunya James Macvey, gitaris dari The Vamps. Dia memposting apresiasinya kepada chainsmoker dan diretweet 888 followernya pada akun twitternya.

Namun, bukan berarti album chainsmoker bisa dibilang sukses. Maeve McDermott, penulis USA Today menjelaskan kekecewaannya terhadap album terbaru ini. Dia menilai the chainsmokers kurang punya gebrakan baru. "Itu (album Memoriess) kurang memiliki konsep yang tepat dan pastinya akan terlupakan. Sementara rekan-rekan mereka membuat lagu EDM yang menggoyangkan lantai dansa, mereka justru membuat lagu yang membuat pendengarnya kembali ke rumah," kritiknya dalam artikel USA Today. 

 

 

 

 

 

Namun berbicara mengenai reaksi fans, Harry Styles tampaknya masih unggul satu poin  ketimbang The Chainsmokers. Terbukti, nggak berapa lama dari peluncurannya #signofthetimes langsung menjadi trandic topic worldwide no 1 di twitter. Liam Paynqe dan Niall Horan juga nggak ketinggalan memberikan ucapan selamat atas lagu baru Harry.

 

Posisi di Chart International

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pilihan the chainsmokers dengan merilis beberapa single sejak Januari kemarin terbukti berhasil. No wonder, bila “Something Just Like This” dan “Paris” langsung berada di posisi 2 dan 5 pada website official chart ITunes kategori EDM. Bahkan The One yang baru saja rilis awal pekan ini sudah dilihat 3.8 juta kali.

 

Foto: Billboard

Berbeda dengan Single Sign of the Times milik Harry Styles. Hingga sekarang single tersebut tetap bertahan diposisi pertama Last 24 hour best Chart Billboard. Bukan cuma sukses memimpin di Billboard, Single Harry ini juga berjaya di ITunes. Terbukti selama dua hari setelah perilisan, lagu ini berhasil memuncaki chart di hampir 40 negara di dunia! Wih!

So, kamu lebih suka lagu baru dari the chainsmokers atau Harry Style?

 

Editor: Fanny Kurniasari

RELATED ARTICLES

Please read the following article