Are You a Zetizen?
Show Menu

Lagu Photograph Dituduh Plagiat, Ed Sheeran Didenda USD 20 Juta

Zetizen Zetizen 10 Jun 2016
Lagu Photograph Dituduh Plagiat, Ed Sheeran Didenda USD 20 Juta

 

Zetizen.com - Ed Sheeran memang sedang naik daun dengan lagu-lagunya yang easy-listening. Banyak penghargaan berhasil dia menangkan belajangan ini seperto Grammy Awards dan Teen Choice Awards. Sayangnya, Ed juga baru saja tersandung kasus lagu Photograph, karyanya yang hits pada 2015 lalu. Photograph dituding plagiat dari lagu Amazing yang dibawain pemenang X-Factor UK 2010, Matt Cardle.

Matt Cardle. Foto: freshmanguitar

 

Akibat tuduhan ini, Ed Sheeran dituntut bayar USD 20 juta atau senilai 266 miliar rupiah buat nebus hak ciptanya. Jumlah itu dianggap setara dengan keuntungan yang dihasilkan oleh Ed Sheeran beserta manajemennya, “Persamaan lirik, melodi vokal, dan irama sudah jadi indikator yang jelas bahwa Photograph meng-copy Amazing,” komplain Martin Harrington dan Thomas Leonard, pencipta lagu Amazing.

Pihak Ed Sheeran pun lantas membantah tuduhan itu. “Klien saya adalah penulis lagu yang profesional. Pekerjaan itu sudah menjadi hidupnya dan saya merasa terhormat menangani kasus penting ini. Kami sedang menyiapkan detail hukumnya.” sebut Richard Busch, pengacara Ed Sheeran, dilansir dari E!Online.

Terlepas dari masalah hukumnya, orang awam bisa menilai kalau memang ada kemiripan antara lagu Photograph dan Amazing, terutama di bagian reff.

 

 

Harrington dan Leonard menuding terdapat 39 nada yang identik pada kedua lagu. Chord kedua lagu juga senada kecuali hanya pada satu chord. Lagu Amazing yang ditulis pada 2009 telah ditonton sebanyak 1 juta kali di YouTube. Sedangkan Photograph milik Ed Sheeran ditonton lebih dari 208 juta kali dan terjual 3,5 juta kopi di Amerika Serikat tahun lalu. 

Dalam aturan hak cipta lagu, ada istilah fair use yang menjadi tolak ukur pantas tidak karya itu disebut plagiat. Untuk kasus ini, kita tunggu aja gimana hasil sidang hukumnya nanti. (eonline/metro/vulture/fhr/sam)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article