Are You a Zetizen?
Show Menu

Senjata Unik Para Pentolan Band

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 12 Dec 2022
Senjata Unik Para Pentolan Band

Zetizen-Seorang front man sebuah Band harus selalu eksis di depan penggemar, tak terkecuali saat di atas panggung. Tapi, beberapa Band ini memiliki front man unik yang pasti memiliki ciri khas tersendiri. (c20/fik)

Mungkin beberapa front man lain juga sering bernyanyi sambil bermain keyboard. Sebut aja, Chris Martin dari Coldplay, Matt Bellamy dari Muse, atau Thom Yorke dari Radiohead. Tapi, setelah ini kamu kayaknya juga harus mengingat nama Edo van Breemen. Musisi kelahiran Miami ini merupakan lead vocal sekaligus keyboardist Brasstronaut.

Musik yang dibawakan Brasstronaut juga unik karena menggabungkan pop, rock, dan jazz. Formasi Band secara keseluruhan juga anti-mainstream. Kamu bakal menemukan trompet, klarinet, dan EWI yang dimainkan. Kombinasi alat musik tiup ini menjadi salah satu kunci dari lagu-lagu Brasstronaut yang earworming banget.

Peran Edo sebagai keyboardist di Brasstronaut juga jadi penting banget. Permainan keyboard Edo jadi salah satu kunci yang menggabungkan beragam unsur musik di Brasstronaut. Kalau urusan suara, jangan ditanya lagi. Kamu pasti bakal terbuai dengan lagu-lagu yang dinyanyikan Edo.

Bernyanyi sambil memainkan alat musik mungkin bagi beberapa orang adalah hal yang wajar. Tapi, gimana kalau bernyanyi sambil memainkan dua alat musik? Kamu bisa memberikan tepuk tangan yang meriah buat Geddy Lee. front man Rush ini telah puluhan tahun melakukan hal tersebut. Hasilnya pun selalu bisa bikin pendengarnya terkagum-kagum.

Pada formasi awal, posisi basis Rush diisi Jeff Jones. Sejak Jeff hengkang dari Rush, Geddy Lee mengisi posisi yang kosong tersebut. Bukan hanya basis, Geddy Lee sekaligus menjadi keyboardist. Nggak heran kalau kamu akan mendengarkan banyak unsur harmonis pada lagu-lagu Rush yang berbeda dengan band rock kebanyakan.

Geddy Lee konsisten menjadi basis dan keyboardist Rush. Dalam setiap penampilan Rush, Geddy Lee selalu memainkan dua instrumen tersebut tanpa bantuan additional player. Kerennya lagi, Geddy Lee tetap punya stage act yang memukau, nggak kalah dengan para rock star lainnya.

Biasanya para front man yang sekaligus jadi lead singer ini memiliki stage act yang bikin suasana makin meriah. Whitney punya Julien Ehrlich yang sekaligus berposisi sebagai drumer. Pasti bisa ditebak, Julien nggak bakal seperti front man lain yang bisa loncat ke sana-ke sini karena sepanjang penampilan Julien pasti duduk manis di belakang drum set miliknya.

Jadi, jangan heran kalau kamu nonton Whitney dan melihat posisi drum set yang biasanya ada di bagian belakang kini justru tepat berada di depan panggung. Whitney merupakan Band asal Chicago yang terbentuk sejak 2015. Meskipun belum sampai berumur satu dekade, karya-karya milik Whitney sangat patut diperhitungkan.

Bukan hanya unik secara formasi, musik folk dan soul yang dibawakan Whitney juga enak didengar. Hal lain yang bikin keren adalah Julien tetap bisa konstan bernyanyi dengan suara falseto meskipun sambil bermain drum. Permainan drum dari Julien bikin lagu-lagu dari Whitney punya ciri khas tersendri.

Kiprah Para Multi-Instrumental

Zetizen-Wajar jika musisi bisa memainkan banyak alat musik. Sebab, mengekplorasi musik pasti nggak cuman butuh satu instrumen. Hal ini yang bikin banyak musisi menjadi seorang multi-instrumentalis alias bisa memainkan banyak alat musik.

Bagi beberapa musisi, hal ini juga ditunjukkan saat mereka beraksi di atas panggung. Matt Bellamy jadi salah satu contoh yang paling nyata. front man Muse ini sering memainkan banyak alat musik dalam penampilannya. Mulai gitar, bas, keyboard, hingga piano.

Selain itu, ada Dave Grohl. Musisi yang khas dengan rambut panjangnya ini merupakan mantan drumer Nirvana. Tapi, bersama Band baru yang dibentuknya, Foo Fighters, Dave Grohl dikenal sebagai seorang gitaris andal dengan suara vokal yang menggelegar. Bahkan, pada beberapa kesempatan bersama Foo Fighters, Dave Grohl sempat kembali bermain di belakang drum set miliknya.

Selain mereka, masih banyak musisi multi-instrumentalis yang memberikan banyak efek positif bagi Band yang digawangi. Di Coldplay ada Chris Martin dengan permainan pianonya. Juga ada Steven Tyler, sang vokalis Aerosmith. Demikian juga James ’’The Rev’’ Sullivan, drumer sekaligus penulis kebanyakan lagu dari Avengenged Sevenfold.

Tetap saja, dalam sebuah band, yang dibutuhkan bukan hanya kemampuan individu masing - masing, tapi juga kekompakan antarpersonel. Nggak ada salahnya juga untuk fokus menguasai satu instrumen asalkan kamu benar-benar jago dalam hal itu. (c20/fik)

RELATED ARTICLES

Please read the following article