Are You a Zetizen?
Show Menu

Digital Concert: Nuansa Baru Nonton Konser

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 19 Dec 2022
Digital Concert: Nuansa Baru Nonton Konser

Zetizen-Mulai maraknya gerakan untuk tetap di rumah seperti #dirumahaja dan #StayAtHome mengharuskan berbagai jadwal kegiatan mengalami pergantian menyesuaikan kondisi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Nggak hanya pekerjaan dan sekolah yang mulai beralih ke digital, para musisi pun mulai memanfaatkan teknologi sebagai pengganti live concert. Yah, meski euforianya tentu berbeda saat kita menonton konser musisi favorit secara langsung, setidaknya digital concert bisa mengusir kebosanan kita saat berada di rumah.

Berbagai upaya dilakukan supaya orang-orang bisa betah di rumah. Nggak hanya pemerintah yang putar otak untuk mencari solusi supaya orang-orang bisa turut flatten the curve dengan stay di rumah. Namun, industri hiburan juga berinovasi untuk memberikan hiburan bagi fansnya. Sebagai salah satu sarana pelepas stres paling efektif, musik tentu bisa dinikmati berbagai kalangan tanpa terkecuali. Hal inilah yang menjadi inovasi dari kehadiran digital concert yang dikemas secara live streaming di internet.

Pihak WHO pun sempat melakukan aksi solidaritas dengan mengadakan konser live streaming yang berkolaborasi dengan musisi internasional seperti John Legend, Charlie Puth, dan Coldplay. ’’Live performances yang disajikan musisi ini masuk ke #SolidaritySessions yang bertujuan menggalang dana untuk orang-orang yang terdampak Covid-19 di seluruh dunia,’’ tulis WHO di laman resminya. Di Indonesia juga pernah diadakan digital concert bertajuk konser musik #dirumahaja yang digarap Najwa Shihab dan diramaikan deretan musisi lokal.

’’Pandemi ini cukup berdampak, terutama pada semua hal yang berkaitan dengan public performance. Bukan hanya yang onstage, kru di belakang panggung pun merasakannya,’’ ungkap Nugi Wicaksono, bas Reality Club. ’’Tapi, kehadiran digital concert ini terbilang cukup menarik, terutama dari segi pemanfaatan teknologi yang memungkinkan alternatif untuk melakukan suatu public performance,’’ tambahnya.

Sebagai salah satu alternatif mengadakan konser, digital concert ini pun dimanfaatkan para musisi sebagai ajang promosi atau sekadar menyapa fans. ’’Reality Club telah melakukan dua digital concert. Satu di studio dengan full band dan akustikan di rumah. Kalau ada lagi, akan kami announce di Instagram. Senang sih dengan adanya digital concert ini karena tetap bisa menghibur fans yang stay #dirumahaja,’’ ucap vokalis dan gitaris Reality Club, Faiz Novascotia.

Well, euforia menonton konser secara live emang nggak tergantikan sih. Selain kita bisa nge-hype bareng teman-teman, tentu ada kepuasan tersendiri dapat melihat musisi idola secara langsung. Tapi, mengingat kondisi saat ini masih nggak memungkinkan, ditahan dulu ya ngonsernya! Sekarang jaga kesehatan dan keep productive selama di rumah! (c20/mel)

Selain film, streaming konser bisa jadi pilihan untuk mengusir kebosanan selama di rumah. Nih, Zetizen rangkum rekomendasi digital concert yang bisa kalian nikmati dengan streaming cantik di kamar. Langsung cus aja, yuk! (c20/mel)

Duo alternative pop asal London ini bakal menemani kamu yang hobi begadang nih. Anthony West dan Josephine Vander Gucht bakal melakukan live streaming setiap hari di Instagram ofisial mereka, @ohwondermusic. Mereka membawakan semua lagu rilis yang bakal disajikan secara berbeda setiap hari. So, don’t miss it!

LUMBUNG LAGU

Date: 30 Maret–5 April

Time: 17.00 WIB

Siap-siap buat ditemani lantunan folk yang merdu khas Sisir Tanah. Rutinitas senja kopimu masih tetap bisa jalan dengan lagu-lagu Bagus Dwi Danto yang bakal live streaming setiap hari di akun Instagram @sisirtanah. Bisa banget nih sambil ajak geng indiemu buat live streaming bareng!

KONSER KARANTINA BOGOR

Date: 2–12 April

Time: 15.00–21.00 WIB

Konser amal yang diikuti 66 musisi Bogor ini siap memberikan penampilan maksimal buat kalian yang udah stay di rumah. Beberapa di antaranya adalah TokyoLite, QoryGore, dan The Partikelir. Selain nonton konser, penonton bisa berdonasi di akun media sosial penyelenggara @borac.19. Nonton sambil beramal? Kapan lagi!

RELATED ARTICLES

Please read the following article