Are You a Zetizen?
Show Menu

Kenalan Sama OK Bro: Populerkan Keroncong Lewat Aransemen Lagu Band Indie

Afrieza Zaqi Afrieza Zaqi 29 Nov 2016
Kenalan Sama OK Bro: Populerkan Keroncong Lewat Aransemen Lagu Band Indie

Zetizen.com - Bosan dengan genre musik EDM-EDM aja? Coba dengarkan Musik Keroncong deh. Tapi jangan salah ya, keroncong yang satu ini nggak kalah dengan musik lain. Sebab, keroncong yang dibawakan oleh OK Bro (Orkes Keroncong Bro) OK Bro ingin memperkenalkan musik bertema keroncong buat anak muda. Lagu-lagu milik Payung Teduh, Endah n Rhesa, Efek Rumah Kaca, Tulus, hingga Rizky Febian mereka racik ulang dengan alunan keroncong yang syahdu.

 

 

Bagi anak muda, Musik Keroncong mungkin masih terkesan ndeso dan kuno. Tapi, OK Bro bisa mengharmonisasi keroncong dan pop anpa menghilangkan keaslian dari musik khas Indonesia ini. Makanya, Musik Keroncong mereka susun dengan sangat ringan dan modern. Instrumen gamelan, maupun vokal perempuan dengan cengkok dan nada panjang   diminimalisir. Namun, penggunaan alat musik keroncong seperti ukulele dan seruling membuat lagu yang mereka terdengar fresh.

OK Bro sendiri sudah sering men-cover lagu-lagu populer seperti Kesempurnaan Cinta milik Rizky febian, Jangan Cintai Aku Apa Adanya milik Tulus. Selain itu, baru-baru ini mereka juga merilis single pertama mereka yaitu Menembus Langit. Beberapa waktu lalu OK Bro berhasil masuk dalam album kompilasi sebuah ajang cover untuk lagu-lagu Efek Rumah Kaca yakni #TributetoERK. Lagu Cinta Melulu diracik dengan instrumen biola, dan ukulele. Menurut mereka, tantangan tersulit mengaransmen lagu populer ke keroncong adalah mengharmonisasikan semua instrumen mereka

Band ini awalnya merupakan sebuah proyek kampus. Nah, awalnya, para personel OK Bro yaitu Yoyok pada vokal, Bagja pada cak, Bahtiar pada cuk, Anggara pada gitar, Anggit pada Cello dan Hendra pada Bass tersebut mendapatkan tugas dari dosennya di mata kuliah Keroncong. Sejak itulah, mereka berenam langsung jatuh cinta dan mulai melebarkan karyanya di jalur keroncong.

“Semua lagu populer yang kami keroncongkan selalu memberikan tantangan yang menyenangkan. Mungkin di sini lah salah satu keseruannya, mengaransemen lagu populer yang sudah sering orang dengarkan ke dalam nuansa keroncong,” ujar Bahtiar, salah satu personel O.K Bro

 

 

Selain itu, baru-baru ini, mereka juga merilis single perdana mereka yang bertajuk Menembus Langit. Lagu ini merupakan soundtrack dari sebuah projek Menembus Langit. Nah, project ini merupakan sebuah pencapaian baru di dunia aeronautika dan kedirgantaraan di Indonesia yang akan menerbangkan sebuah pesawat tanpa awak unmanned aerial vehicle (UAV) Ai-X1 menuju stratosfer. Keren!

 

Nah, rencana mereka akan segera menggarap mini album serta melakukan konser di berbagai kota. Tujuan utama mereka adalah mengenalkan Musik Keroncong yang sedang memudar di belantika musik tanah air. Nah buat yang penasaran seperti apa karya mereka, kalian bisa dengarkan alunan syahdu musik mereka di sini.

 

Selamat menikmati! Enak nggak lagunya?

 

 

 Editor: Wika

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article