Are You a Zetizen?
Show Menu

Zetizen Squad's Story: Cerita Memorable Saat Project Liputan

Fanny Kurniasari Fanny Kurniasari 20 Jun 2017
Zetizen Squad's Story: Cerita Memorable Saat Project Liputan

Zetizen.com - Rangkaian Zetizen Summer Class Internship batch 2 memang udah berakhir. But, ada satu hal lagi nih yang patut kita tunggu. Yaps, mulai tanggal 20-24 Juni, kamu bisa melihat hasil karya setiap squad di koran Zetizen Jawa Pos Jakarta! Setelah beberapa hari melalui serangkaian proses produksi, karya mereka bener-bener diterbitin, loh. Asik banget kan? Yuk, kita liat apa aja sih yang dibahas setiap squad dan kejadian di balik layarnya!

 

Ristania Salsabila, Ikwal Falahan, Rifdah Arista, dan Maaidah Dhona saat meliput beragam kue lebaran yang unik (credit: Hakiki/Zetizen team)

Squad 1

Squad 1 yang terdiri atas Ristania Salsabila, Ikwal Falahan, Rifdah Arista, dan Maaidah Dhona mengambil tema Persiapan Lebaran. Squad yang berhasil mendapatkan predikat best squad ini, mengangkat segala hal yang berkaitan dengan lebaran. Misalnya kue lebaran, baju lebaran, sampai mudik. 

Tania dkk, meliput beragam kue lebaran unik di Gandaria City, Jakarta Selatan Rabu (14/6) lalu. Nggak ada kesulitan berarti saat mereka meliput. Sebab, beberapa diantara mereka udah pernah loh terjun liputan langsung seperti ini. Salah satunya, Maaidah Dhona, "Aku sih udah pernah liputan kayak gini dari sekolah, tapi tetap liputan ini beda dan harus lebih berhati-hati karena berita kelompok kita akan dimuat," ujar cewek asal MAN 1 Bekasi ini.

 

 

Squad 2

Berbeda dengan squad 1, perjalanan squad 2 yang terdiri atas Johan Wahyudi, Fanya Dafanti, dan Raihan Al Harits saat liputan nggak begitu mulus. Mengambil tema Food Bowl yang lagi hits, mereka sempat ditolak beberapa kali untuk wawancara. Apalagi dalam suasana puasa, jadi nahan laparnya double! 

Ada tiga kafe yang mereka kunjungi. Masing-masing berada di Kemang, Dharmawangsa, serta Sudirman Central Business District (SCBD). Sempat lancar di kafe pertama, mereka justru sempat ditolak wawancara saat meliput di kafe ketiga. ’’Pemilik kafe menolak untuk diwawancarai. Namun, aku nggak habis ide. Kami tetap mencari data dengan mewawancarai pegawai tokonya,’’ ucap Johan Wahyudi, writer squad 2.

 

Wajah-wajah skuad 3 yang habis pemotretan nih (Credi: Waiz/Zetizen team)

Squad 3

Squad 3 memiliki konsep tema yang berbeda. Squad yang terdiri atas Sella Kumala, Syamakh Islamay, Leonnov Soedibjo, serta Hannisa memilih tema fashion kaftan. Nggak tanggung-tanggung, mereka sampai bikin pemotretan sendiri, loh. Pemotretan di tempat umum pastinya jadi pengalaman seru. Ditambah nahan malu karena diliatin orang-orang yang lewat hihihi.

Tempat yang dipilih sebagai lokasi pemotretan adalah Central Park Mall, Jakarta Barat. Mereka harus membawa baju sendiri dan meminta temannya sebagai model. Karena tema fashion, hasil foto yang terlihat chic jadi kunci utama. ’’Aku jadi tahu menemukan angle yang pas ketika memotret model, ternyata gampang-gampang susah. Tapi yang pastinya asyik!’’ ujar Syamakh, photographer squad 3.

 

Skuad 4 saat sedang melakukan wawancara (Credit: Vera/Zetizen team)

Squad 4

Lain cerita untuk squad 4 yang mengambil tema Taman Kota. Ilham Kusumaning, Raihan Fadillah, serta Natasya sedikit kesulitan saat melakukan peliputan berita. Sebab, lokasi RPTRA Kalojodo yang dikunjungi sepi pengunjung karena masih siang hari.

Mereka harus menunggu sekitar sejam agar dapat menemukan narasumber yang pas. Ditambah, cuaca panas ibu kota saat Ramadan membuat energi makin terkuras. Bahkan, sesaat setelah liputan selesai, Natasya sang fotografer sempat tertidur di koridor RPTRA. ’’Sebenarnya, nggak apa-apa kalau nggak lagi puasa. Tapi, saat puasa, jadi agak berat nih,’’ kata Raihan Fadillah, videografer squad 4.

 

Hanna Berliana, Arsyil Azhiim, dan Mohammad Bagas yang harus liputan outdoor di 3 tempat berbeda (Credit: Gilang/Zetizen team)

Squad 5

Last but not least, squad 5 membahas tema Hunting Baju Lebaran. Hanna Berliana, Arsyil Azhiim, dan Mohammad Bagas sampai harus mengunjungi tiga tempat berbeda. Tempatnya yang outdoor menjadi tantangan tersendiri bagi squad 5. Ditambah, saat meliput mereka dalam keadaan berpuasa.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah pameran pakaian di Senayan, Jakarta Pusat. Suasana crowded dan panas pun nggak bisa terelakkan. Bahkan, Arsyil sampai hampir jatuh pingsan! Duh.. “Banyak kejadian nggak terduga seperti ada yang hampir pingsan, diikutin satpam, dan agak susah narik orang buat diwawancara. Tapi, overall sih seru banget sih liputannya,” tutup Hanna writer squad 5. 

 

Well, usaha itu memang nggak mengkhianati hasil. Dibalik suka duka yang ada, mereka berhasil membuat project mereka sukses. Penasaran seperti apa sih hasil karya masing-masing squad? Jangan lupa baca di halaman Zetizen Jawa Pos Jakarta mulai hari ini (20/6), ya!

RELATED ARTICLES

Please read the following article