Are You a Zetizen?
Show Menu

Street Mini 4WD Bantu Olah Fisik

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 03 Jan 2023
Street Mini 4WD Bantu Olah Fisik

Zetizen-Penggemar anime Dash! Yonkuro atau Let’s and Go! wajib banget untuk tahu dan ikut salah satu olahraga ini nih. Yap, permainan ini sempat populer di kalangan generasi 90-an. Bukan sekadar Hobi biasa, Tamiya sebagai salah satu merek Street Mini 4WD kini bisa kamu mainkan kembali. Did you know, selain menyalurkan kesenangan untuk memodifikasi mobil mini ini, Street Mini 4WD bisa jadi pilihan olahraga yang menyenangkan juga, loh. Bareng komunitas Street Mini 4WD Indonesia, yaitu PLAY:ON, yuk intip betapa serunya olahraga sambil bernostalgia ini!

Bukan Jepang, tetapi Street Mini 4WD justru mulai dimainkan di Italia pada 90-an, loh. Nah nggak lama setelah itu, anime Dash! Yonkuro pun mulai tayang dan populer di Indonesia. FYI, permainan Street Mini 4WD pada anime Dash! Yonkuro memang sedikit berbeda dengan permainan anime di Let’s and Go!. Perbedaannya terletak pada lintasan perlombaan dan cara memainkannya. Sebab, awalnya, permainan ini dimainkan dengan cara berlari dan dikendalikan dengan guide stick. Hal ini justru berbeda dengan Go Seiba yang hanya mengejar Street Mini 4WD-nya selama race berlangsung pada anime Let’s and Go!. Nah, berkat teman-teman dari komunitas PLAY:ON, sekarang kamu juga bisa mencoba dan merasakan bagaimana serunya permainan ini.

’’Pada 2017 lalu, aku dihubungi langsung oleh salah satu perwakilan Street Mini 4WD dari Italia dan ditawari mengembangkan Street Mini 4WD di Indonesia. Hingga saat ini, berbagai daerah mulai mengenal dan peminatnya pun berkembang sangat pesat,’’ kata Rangga Marvel, founder dan ketua umum PLAY:ON sekaligus brand ambassador of Indonesian Street Mini 4WD. Berpusat di Surabaya, komunitas ini memiliki jumlah anggota sekitar 100 orang di Jawa Timur yang aktif berkumpul tiap bulan, loh.

Walaupun terlihat mudah dan menyenangkan, siapa sangka bermain Street Mini 4WD ternyata cukup menguras banyak tenaga. Sebab, runner yang bertugas mengendalikan laju Street Mini 4WD dengan guide stick harus mengatur refleks secara baik sembari ikut berlari mengejar Street Mini 4WD. Apalagi, lintasannya pun dijalankan di area terbuka dan bebas tanpa sirkuit. Jadi, struggle-nya pun akan terasa lebih real. ’’Main Street Mini 4WD ini bisa mengasah motorik dan fisik kita. Buat yang pengin olahraga kardio pun, ini bisa jadi solusi,’’ ujarnya. Selain itu, secara nggak langsung, kamu bisa mengasah kemampuan baru ketika mengutak-atik Street Mini 4WD-mu, loh. Jadi, kebayang kan betapa bermanfaatnya Hobi yang satu ini.

Bukan sekadar permainan biasa, bahkan pada 2019, Indonesia sempat mengadakan turnamen nasional dengan mendatangkan sekitar 50 peserta. Turnamen ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu normal dan wild. Pemenang dalam turnamen ini diambil berdasar kecepatan dan adu duel.

Unfortunately, turnamen untuk tahun ini harus diundur karena adanya pandemi. Namun, kegiatan rutin di daerah masing-masing tiap bulan tetap dilaksanakan dengan mematuhi segala protokol kesehatan. ’’Olahraga ini penuh dengan hal positif. Buat kalian yang biasanya main gadget, yuk cobain aktivitas luar ruangan ini. Sebab, selain bermanfaat dalam hal fisik, turun ke track langsung dijamin lebih menyenangkan dibandingkan bermain gadget,’’ tuturnya.

PLAY:ON sangat terbuka buat kamu yang pengin ikut dan menjajal aktivitas ini. Di sini kamu juga bakal mendapat banyak tambahan ilmu dalam hal mechanical Street Mini 4WD. Tertarik? Cek Instagram @teamflazh sekarang juga! (lia/c20/rat)

RELATED ARTICLES

Please read the following article