Are You a Zetizen?
Show Menu

Let's Workout At Home

Abiyoso Mg Abiyoso Mg 21 Dec 2022
Let's Workout At Home

Zetizen-Workout di rumah mungkin terasa lebih mudah karena kita bisa menentukan target sendiri maupun gerakan yang sesuai dengan kebutuhan. Tapi, tetap aja kita harus memperhatikan hal-hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan selama Workout di rumah. Bisa aja Workout yang kita lakukan selama ini salah dan malah menyakiti tubuh kita sendiri. So, perhatiin yuk beberapa tip dari Ayub Shabir berikut ini! Biar Workout maksimal dan kita enjoy selama berlatih. (c20/mel)

  1. Pilih jenis latihan yang kamu sukai. Latihan yang baik adalah yang fokus pada latihan berkelanjutan dan bikin kamu enjoy saat melakukannya. Kamu nggak merasa tertekan. Contoh olahraganya, antara lain, treadmill running, yoga, atau zumba.
  2. Lakukan pemanasan dan pendinginan. Pemanasan sebelum berolahraga bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, dan denyut jantung. Jika pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan tubuh sebelum berolahraga, pendinginan berfungsi membantu mengembalikan kondisi tubuh seperti semula.
  3. Additional tips! Siapkan matras saat latihan. Matras ini berfungsi sebagai extra-grip pada permukaan lantai yang licin. Dengan menggunakan matras, kita mengurangi potensi terkilir sehingga dapat berkonsentrasi penuh pada latihan tanpa cemas.

  1. Melakukan latihan dengan form yang salah. Misalnya, saat kita melakukan squat, pastikan lower back kita lurus atau nggak bungkuk. Hal ini bisa berdampak pada manfaat exercise itu sendiri. Perbanyak melihat tutorial form yang benar untuk tiap exercise di YouTube supaya form tubuh saat Workout bisa pelan-pelan terlatih dan terbiasa.
  2. Kurangnya self-awareness. Kamu harus sesuaikan latihan dengan kapasitas tubuh kamu agar latihan tersebut berkelanjutan. Kunci dari latihan yang baik adalah bertahap dan progres secara pelan-pelan, namun berkelanjutan. Tenang, kamu nggak harus buru-buru supaya dapat hasil yang maksimal atau membandingkan progresmu dengan orang lain. Yang terpenting, kita bisa tahu kapasitas tubuh diri sendiri dan enjoy saat melakukannya.

Zetizen-Selama self-quarantine di rumah, olahraga atau Workout dapat menjadi kebiasaan sehari-hari. Kamu nggak harus punya alat-alat fitnes yang mahal loh kalau pengin dapat hasil Workout yang maksimal. Nah, Zetizen udah ngerangkum tiga goals yang umumnya jadi alasan seseorang buat workout. Penasaran apa aja dan gimana tipnya? Simak bareng-bareng yuk! (c20/mel)

Tahu nggak sih kalau sebenarnya cara paling efektif untuk menghilangkan lemak adalah dengan mengurangi kadar lemak di tubuh secara keseluruhan, bukan hanya fokus di bagian perut. Sebab, saat kadar lemak di tubuh kita sudah rendah, secara otomatis akan membuat perut rata dan tubuh lebih ramping. ’’Kadar lemak di tubuh hanya akan berkurang jika kita mengalami kalori defisit, yaitu ketika kalori yang masuk ke tubuh (konsumsi makanan) lebih kecil daripada kalori yang keluar dari tubuh (kalori yang kita bakar),’’ jelas Ayub.

Jadi, meskipun olahraga rutin, hasilnya bisa nihil jika jumlah kalori yang masuk karena kontrol diet dan makanan nggak tepat, Salah satu Workout paling efektif di rumah adalah high intensity interval training (HIIT). ’’Hasil studi membuktikan HIIT ini lebih efektif mengurangi lemak di tubuh daripada kardio tradisional (low intensity steady state). Keuntungan lain latihan ini adalah kita tidak perlu alat apa pun. Jadi, sangat bisa dilakukan di rumah,’’ tutur Ayub. Intensitas latihannya masuk kategori tinggi karena durasi istirahat antar gerakan dibuat sesingkat mungkin. Kalau dilakukan dengan benar, tubuh bisa membakar lemak lebih cepat setelah beberapa jam berlatih. Apa aja bentuk gerakannya? Check it out!

’’Konsep latihan di atas adalah istirahat hanya dilakukan setelah lima gerakan pertama selesai dengan durasi 30 detik. Lima gerakan tersebut adalah satu sirkuit. Lakukan 4–5 sirkuit dalam sekali latihan,’’ ungkap Ayub. Nah, udah tahu kan tip Workout from home yang paling efektif gimana? Yuk, mulai praktik di rumah. Good luck and stay healthy!

RELATED ARTICLES

Please read the following article