Are You a Zetizen?
Show Menu

Efek Ajaib Olahraga Rutin pada Otak

Zetizen Zetizen 27 Mar 2016
Efek Ajaib Olahraga Rutin pada Otak

Zetizen.com - Yakin masih malas berolahraga? Coba jawab, setelah libur sekolah dua minggu tanpa ikut pelajaran olahraga, apa yang kalian rasain? Pasti badan jadi pegal-pegal dan kram nggak terduga. Olahraga nggak cuma baik buat fisikmu aja, guys, tapi juga otak. Nggak percaya?

Foto: Kidfitpro

 

Perlambat Penuaan Otak Hingga 10 Tahun

As we know, makin tua kemampuan mengingat otak kita juga makin menurun. Nggak heran kalau nenek-kakek kita sering ketuker memanggil nama cucu-cucunya, lupa alamat rumah temannya, bahkan lupa makanan yang dia santap pagi tadi. Yes, that's what we will lost when we get older. Serem kan? Nah, Ilmuwan neurology dari Universitas Miami, Amerika Serikat, menemukan cara praktis dan mudah memperlambat efek penuaan pada otak. Yep, jawabannya adalah olahraga rutin.

Ilmuwan melakukan riset pada 876 partisipan dengan rata-rata usia 71 tahun. Mereka menguji kecepatan mengingat, memori bahasa, kronologis, dan fungsi otak lainnya. Uji itu dilakukan berkala yakni pada tahun pertama, ketujuh dan ke-12 pada partisipan yang sama. Hasilnya, mereka yang jarang berolahraga punya kemampuan kognitif lebih buruk yang setara dengan 10 tahun penuaan. Wow!

“Penelitian ini menyimpulkan bahwa bagi orang tua olahraga rutin bisa melindungi dan membantu kemampuan kognitif mereka bertahan lebih lama,” ujar Clinton Wright, professor Neurologi Universitas Miami, dilansir dari UPI.

Foto: socialportal

 

Susah Ngilangin Mager? Yuk Ikut Komunitas OLahraga!

Tuh kan ajaib banget efek olahraga. Banyak studi tentang efek olahraga dikaitkan dengan kesehatan otak. Penelitian sebelumnya menyimpulkan bahwa olahraga bikin kamu lebih cepat mengambil keputusan, berpikir kreatif, dan mencegah Alzheimer. Udah tahu juga kan kalau olahraga bikin mood kamu bagus berkat hormon endorphin? So why u no start it?

Nggak  menyangkal sih kalau sifat “mager” itu susah dihilangkan. Being a potato couch dengan gadget di tangan terlalu berat untuk dilawan daripada memilih berkeringat. Nah, gabung dengan komunitas olahraga di kotamu bisa jadi motivasi. Yep, olahraga bareng-bareng terasa lebih mudah, loh. Belum lagi nambah banyak teman, kegiatan, dan update di sosmed kamu. Sounds fun, right? (upi/ksat/sam)

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article