Are You a Zetizen?
Show Menu

Hilangkan Distraksi, Mulai Meditasi

Narendra Mg Narendra Mg 29 Dec 2022
Hilangkan Distraksi, Mulai Meditasi

Zetizen-Di tengah banyaknya isu yang beredar dan aktivitas media sosial kita yang meningkat akhir-akhir ini, tentunya penting buat kita untuk take a break dan menenangkan diri sendiri. Nah, pernah nggak sih, kamu kepikiran untuk bermeditasi? Eit, ada loh, teknik meditasi yang simpel dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Penasaran?

Kalau dengar kata ’’meditasi’’, apa sih yang ada di pikiranmu? Duduk bersila berjam-jam di tempat yang benar-benar sepi? Well, nggak salah sih, tapi juga nggak sepenuhnya benar. Sementara itu, tujuan bermeditasi adalah mengembalikan dan menjaga kesehatan mental kita. Sebenarnya kondisi terbaik untuk bermeditasi harus disesuaikan dengan posisi ternyaman kita.

Hal ini juga dikonfirmasi Nathania Kusuma atau yang akrab dipanggil Nia, instruktur yoga yang aktif mengajar kelas yoga secara online maupun offline. ’’Yang kita butuhkan hanyalah kemauan untuk menyisihkan waktu, as little as a few minutes,’’ ujarnya. ’’Dengan rutin bermeditasi setiap hari, bisa ada shift/perubahan simpel namun impactful pada diri kita yang mungkin kita tidak rasakan pada awalnya,’’ imbuhnya.

Pastinya kamu sudah sering banget dengar bahwa meditasi bakal mendatangkan banyak manfaat positif buat tubuh kita. Menurut Nia, hal ini terjadi karena otak dan sistem saraf kita pun bekerja dengan cara yang berbeda saat bermeditasi yang kemudian memberikan banyak dampak positif pada tubuh dan pikiran kita. Nah, kalau rutin bermeditasi, kita jadi lebih bisa mengelola emosi-emosi negatif, lebih mudah fokus, mempunyai pandangan yang lebih positif dalam kehidupan sehari-hari, hingga meningkatkan kualitas tidur, loh.

Untuk bermeditasi, kamu nggak perlu benar[1]benar menyiapkan perlengkapan dan persiapan khusus. ’’Walaupun meditasi sebenarnya bisa dilakukan di mana pun, akan lebih baik jika kita mencari lokasi yang kondusif: tenang, jauh dari kebisingan, dan tidak terlalu panas atau dingin. Juga akan lebih baik lagi dengan wangi-wangian ataupun suara,’’ jelasnya. ’’Kita bisa melakukan meditasi dalam posisi duduk maupun tidur. Di lantai, sofa, kasur, atau bahkan di kursi depan meja komputer kita. Intinya, asal nyaman, sih,” tambahnya.

Agar aktivitas meditasimu lebih optimal dan berdampak, kamu sebenarnya nggak perlu menetapkan berapa lama kamu harus menenangkan diri, loh. ’’Memasang target durasi justru akan membuat kita merasa tertekan untuk dapat mencapai waktu tersebut. So, just sit down and do it with no expectation. Waktu paling ideal untuk kita bermeditasi adalah kapan pun saat kita bisa,’’ tuturnya.

Nah, perlu kamu tahu. Nggak ada cara yang sepenuhnya benar atau salah dalam bermeditasi. ’’Perlu diingat bahwa meditasi bukan berarti mengatur atau mengosongkan pikiran. Pikiran dan distraksi lain pasti ada, tapi kita tetap perlu fokus ke dalam. Bagi yang belum pernah sama sekali mencoba meditasi, saya sarankan mencari instruktur meditasi dan mengikuti kelasnya. Setidaknya sekali saja agar kita mendapatkan gambaran umumnya dan tidak kebingungan kalau ingin memprak tikannya sendiri di rumah,’’ jelasnya. (c20/kch)

Zetizen-Memulai kebiasaan baru selalu jadi hal yang nggak mudah, termasuk dalam bermeditasi. Untuk dapat menenangkan pikiran dan fokus di tengah aktivitas kita sehari-hari, kita perlu memulai dengan teknik-teknik yang simpel, mudah, dan bisa kamu coba sendiri di rumah. Misalnya, beberapa teknik yang dijelaskan Nathania Kusuma, instruktur yoga, di bawah ini. Selamat mencoba! (c20/kch)

Easy Pose (Sukhasana)

Secara awam, posisi ini dikenal sebagai posisi duduk bersila dan merupakan pose yang sangat accessible bagi banyak orang. Walaupun terlihat simpel, pose ini dapat membantu meregangkan otot yang kaku di sekitar area groin (pinggul) dan paha dalam. Kita pun dapat dengan mudah menegakkan tulang belakang kita pada pose ini.

Lotus Pose (Padmasana)

Pose ini merupakan pengembangan atau opsi advanced dari sukhasana. Bisa dilakukan dengan mengangkat satu kaki, lalu memutarnya ke arah luar hingga kita bisa meletakkan punggung kaki dengan nyaman di atas pangkal paha. Apabila ada sensasi yang kurang nyaman saat melakukan lotus pose, berhenti lakukan dan cukup bermeditasi pada easy pose saja.

Thunderbolt Pose (Vajrasana atau Seiza)

Pose ini dilakukan dengan duduk di atas meditation cushion atau balok yoga dengan dua kaki ditekuk. Walaupun terlihat simpel, manfaatnya banyak. Antara lain, meregangkan area paha depan dan punggung kaki serta meningkatkan kesehatan sendi lutut dan pergelangan kaki.

Corpse Pose (Savasana)

Pose ini biasa dilakukan sebagai penutup latihan yoga di mana kita tidur telentang dengan kaki dan tangan yang terbuka lebar ke arah luar. Pose ini secara natural dapat membantu tubuh kita menjadi sangat rileks dan kadang mengundang kantuk sehingga ada baiknya kita menyiapkan timer sebelum melakukannya.

RELATED ARTICLES

Please read the following article