Are You a Zetizen?
Show Menu

Launchpad, Jadikan DJ Lebih Versatile

Zetizen Zetizen 13 Apr 2016
Launchpad, Jadikan DJ Lebih Versatile

 

Zetizen.com - Di kalangan para disc jockey (DJ), launchpad jadi tren baru yang menunjang performance mereka di atas stage. Nggak heran, sejak diluncurkan pada tahun 2009 oleh novation, beragam jenis launchpad jadi andalan banyak DJ besar dunia. Well, apasih kelebihannya? Simak yang berikut ya! (bmusicradar/factmag/ndy/giv)

 

Satu Alat Beragam Fungsi

Kalau biasanya sebuah DJ set terdiri dari rangkaian DJ Mixer, MIDI controller, effect generator dan alat lainnya, sebuah launchpad bisa menggantikan fungsi beberapa alat tersebut sekaligus. Tombol (pad) pada pad yang berjumlah banyak bisa digunakan untuk clipping, mixing, eksekusi drum pattern, trigger loops, mapping dan menggerakkan parameter seperti fade atau cross. Kerennya, semua itu bisa diprogram sesuai keinginan dengan bantuan software.

 

Pengaturan Set Personal

pengaturan mapping launchpad menggunakan software FL Studio (foto: youtube)

Nggak hanya bisa digunakan untuk mixing, sebuah launchpad bisa diprogram buat mengeluarkan suara yang benar benar unik. That’s why, setting pada sebuah launchpad benar banar dapat diatur secara personal. Hal itu bikin setiap DJ yang akan manggung menggunakan launchpad, harus terlebu dahulu memasukan pengaturan suara dan mapping effect lainnya kedalam setiap pad. Dengan menggunakan software, launchpad juga bisa menyimpan fungsi preset yang pastinya bikin penggunanya lebih mudah mengganti ganti effect secara live.

 

Support Tampilan Visual Saat Perform

Selain sebagai alat ‘bermusik’, launchpad juga bisa membantu penampilan visual dari DJ yang memainkannya. Soalnya, setiap pad pada launchpad memiliki pencahayaan yang bisa diatur warna, intensitas dan pola nya. Jadi, saat dimainkan, launchpad juga bakal menghasilkan pola pola cahaya yang unik dan menarik. FYI, pola cahaya ini sendiri rupanya merupakan hasil mapping yang diprogram menggunakan software. Fungsinya adalah untuk memberikan tanda pada setiap effect dan bunyi dari setiap pad.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article