Zetizen.com – Katanya sih kita bisa menciptakan musik dari benda apa-pun. Hal itu dibuktikan Martin Molin yang menciptakan alat musik baru dari 2000 kelereng. Pentolan band Wintergarten asal Swedia itu memberinya nama Musical Marble Machine. Alat musik handcrafted itu dipublikasikan pada 2 Maret 2016 melalui YouTube.

Molin mengembangkan inovasinya selama 14 bulan. Dibuat dengan tingkat kerumitan tinggi, Musical Marble Machine disusun oleh 3000 komponen dari kayu. Cara memainkannya cukup gampang. Tinggal memutar tuas untuk memutar roda-roda pada alat musik itu. Saat roda berputar, kelereng-kelereng juga ikut berputar naik-turun dan menghasilkan bunyi. Uniknya, bunyi yang dihasilkan bisa seperti drum, simbal, vibraphone, dan bas. Pretty cool!

Molin berencana menyertakan alat musiknya dalam tur Wintergarten musim panas mendatang. Musisi berusia 33 tahun itu menyatakan terinspirasi menciptakan Musical Marble Machine setelah mengunjung museum alat music di Utrecht, Belanda. “Aku selalu menyukai kultur dari marble machine dan ketika aku tahu bagaimana memotong roda gigi dari kayu aku langsung ingin membuat alat ini,” jelas Molin kepada The Huffington Post. (ndy/sam)

 

Foto dan Video: YouTube

Share
Create Your Own Article!